Apa Penyakit Tipes Menular

Apa Penyakit Tipes Menular

Apa Penyakit Tipes Menular tipes, serangkaian penyakit infeksi akut yang muncul dengan onset tiba-tiba sakit kepala, menggigil, demam, dan rasa sakit umum, dilanjutkan pada hari ketiga untuk kelima dengan ruam dan toxemia (zat beracun dalam darah), dan mengakhiri setelah dua sampai tiga minggu. tipes (sebenarnya tidak salah satu penyakit tetapi kelompok erat terkait penyakit) disebabkan oleh berbagai jenis bakteri rickettsia yang ditransmisikan kepada manusia oleh kutu, kutu, kutu, atau kutu. 

Apa Penyakit Tipes Menular


Serangga yang dibawa orang ke orang atau dibawa ke orang-orang tikus, ternak dan binatang lain. Yang paling penting berupa tipes telah wabah tipes (ditanggung oleh kutu). Bentuk lain adalah tumore, atau endemik, tipes (loak-borne); scrub tipes, atau penyakit tsutsugamushi (tungau-borne); dan tipes TIK-Borne.

Colourized pemindaian elektron mikrograf dari bakteri Rickettsia prowazekii, yang menyebabkan wabah tipes dan biasanya ditularkan kepada manusia oleh Arthropoda tertentu, terutama kutu tubuh.
Colourized pemindaian elektron mikrograf dari bakteri Rickettsia prowazekii...
AP gambar
Wabah tipes

Wabah tipes telah juga disebut kamp demam, demam penjara, dan demam perang, nama yang menyarankan kepadatan penduduk, underwashing, dan menurunkan standar hidup. Hal ini disebabkan oleh bakteri Rickettsia prowazekii dan disampaikan dari orang ke orang oleh kutu tubuh, Pediculus humanus humanus. Kutu terinfeksi oleh makan dengan mulutnya mengisap kuat pada orang yang memiliki penyakit. Sebagai kutu mengisap darah seseorang, rickettsiae lulus ke usus serangga, dimana mereka menyerang sel-sel usus.

Sana mereka kalikan sampai sel meledak, melepaskan gerombolan rickettsiae ke menyaluti kutu dengan bahan usus kanal. Ini baik reinfect sel-sel lain atau diekskresikan dalam tinja menyaluti kutu dengan bahan. Infeksi membunuh kutu, tapi orang sering terinfeksi oleh menggaruk gigitan kutu, dengan demikian menggosok menyaluti kutu dengan bahan terinfeksi kotoran ke dalam luka oleh abrasi. (Rickettsiae mungkin tetap layak dan mempertahankan virulensi mereka selama beberapa hari dalam kotoran kering kutu.)

 Kutu meninggalkan tubuh ketika mendapat terlalu panas dari demam atau terlalu dingin dari kematian dan merangkak ke host manusia lain. Juga, pakaian orang yang sangat penuh dengan tipes terkontaminasi dengan kotoran kutu, dan ceroboh penghapusan itu mungkin meningkatkan awan terinfeksi debu di udara dan, dengan cara ini, menyebar tipes kepada orang lain, terutama profesional medis.

TOPIK SERUPA
tuberkulosis (TB)
scrub tipes
glanders
Virus West Nile
schistosomiasis
penyakit hookworm
Toxoplasmosis
demam relapsing
fasciolopsiasis
kucing awal penyakit
Sekitar 10 hari setelah digigit, orang terinfeksi pengalaman sakit kepala, kehilangan nafsu makan, malaise, dan meningkatnya suhu dengan demam, menggigil, sujud ditandai, dan mual. Empat sampai enam hari setelah onset, karakteristik ruam muncul atas sebagian besar tubuh; orang sakit memerah, dan mata mata kabur. Suhu mencapai jangkauan maksimum pada akhir minggu pertama dan ditopang sampai sekitar 12 hari, ketika umumnya jatuh agak cepat, menjadi normal dalam kursus rumit tentang hari 14-16. Depresi dan kelemahan mungkin akan berlarut-larut selama pemulihan, dan pasien pemulihan lambat. Jika penyakit ini tidak diobati, sirkulasi menjadi lamban dan mungkin ada bintik-bintik dari gangren pada jari-jari, alat kelamin, hidung dan telinga. Tanda-tanda radang paru-paru atau ginjal kegagalan umum. Sujud progresif dan delirium dan koma mengikuti; kegagalan jantung mungkin menjadi penyebab langsung kematian. Tetrasiklin dan kloramfenikol memiliki efek kuratif yang dramatis, namun, dan, jika dirawat dengan cukup dini, beberapa mati. Penyakit dapat didiagnosis klinis selama wabah dan tes laboratorium.

Seorang wanita menderita tipes ruam pada wajah dan leher di sebuah rumah sakit di Mesir, 1943.
Seorang wanita menderita tipes ruam pada wajah dan leher di sebuah rumah sakit di Mesir, 1943.
Amerika Serikat tentara Nasional Perpustakaan Kedokteran
Wabah tipes telah menjadi salah satu penyakit besar scourges dalam sejarah manusia. Hal ini klasik dikaitkan dengan orang-orang ramai bersama-sama dalam kotoran, dingin, kemiskinan, dan kelaparan; dengan perang dan kelaparan; dengan pengungsi; dengan penjara dan penjara; dengan kamp-kamp konsentrasi; dan dengan kapal. Deskripsi dikenali penyakit terjadi dalam sastra Eropa dari abad pertengahan di, dan menghancurkan epidemi tipes terus terjadi sebentar-sebentar seluruh Eropa pada abad ke-17, 18 dan 19. Wabah terkemuka terjadi selama Perang Napoleon dan selama kelaparan kentang Irlandia 1846-49. Wabah tipes jelas dibedakan sebagai penyakit entit
obat tipes
https://www.britannica.com/science/typhus

Apa Penyakit Tipes Menular

0 Response to Apa Penyakit Tipes Menular

Posting Komentar